» » » Penyakit Kanker yang Sering Menyerang Pria

Penyakit Kanker yang Sering Menyerang Pria - Berbicara mengenai kesehatan maka penyakit kanker merupakan salah satu momok menakutkan bagi semua orang. Pria dan wanita memang sama-sama memiliki kemungkinan terjangkit kanker namun tentu saja penyakitnya akan berbeda baik pria dan wanita. Untuk tips kesehatan kali ini kita akan mencoba mengupas lebih jauh mengenai beberapa kanker yang sering menyerang khususnya yang menyerang kaum pria atau laki-laki.

Kesehatan adalah hal yang sangat berharga, oleh karena itu tindakan pencegahan penyakit dan pola hidup sehat memang harus kita lakukan agar kita bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Maka tidak salah jika kita meluangkan waktu untuk belajar mengenal lebih dekat mengenai berbagai penyakit khususnya yang banyak menyerang kita sebagai seorang pria, salah satunya kanker ini. Dengan banyak belajar seperti ini maka diharapkan kita dapat melakukan tindakan pencegahan dan melakukan pola hidup sehat agar terhindari dari kanker mematikan. Sebelum kita bahas lebih jauh, akan lebih baik jika kita baca juga beberapa informasi berikut!

1) Penyakit yang sering menyerang pria
2) Penyakit yang sering menyerang wanita
3) Penyakit yang sering menyerang anak
4) Penyakit yang sering menyerang bayi

Lalu apa saja penyakit kanker yang paling sering dirasakan atau menyerang para pria? Memang, seperti kita tahu ada beberapa jenis penyakit kanker khusus menyerang pria. Untuk itu kita perlu mengetahu jenis kanker yang sering menyerang kaum pria tersebut agar dapat mengetahui bagaimana cara menghindarinya.

Penyakit Kanker prostat
Serangan penyakit ini pada awalnya seringkali tidak diawali gejala-gejala, akan tetapi pemeriksaan rutin untuk mengetahui kadar PSA (prostat specific antigen) perlu dilakukan untuk mendeteksi secara dini kemungkinan serangan penyakit ini. Untungnya pertumbuhan kanker jenis ini termasuk sangat lambat. Anda perlu juga mewaspadai gejala pembengkakan prostat seperti gangguan berkemih (sering buang air kecil, namun tidak tuntas).

Lalu bagaimana cara kita agar terhindar dari jenis penyakit tersebut? Cara menghindari kemungkinan terkena penyakit ini tentu saja dengan melakukan pola hidup sehat. Caranya kita dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat jika kita:
  1. Memilih makanan sehat yang kaya akan sayur dan buah. Hindari makanan berlemak tinggi. Buah dan sayur memiliki banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang secara konsisten membantu mencegah kanker prostat adalah lycopene.
  2. Pilihlah makanan yang sehat daripada menggunakan suplemen. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen memiliki peran mengurangi risiko kanker prostat. Makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi lebih bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.
  3. Sering berolahraga. Berolahraga akan memperbaiki kesehatan anda serta menjaga berat badan anda. Ada bukti yang menjelaskan bahwa laki-laki yang sering berolahraga memiliki sedikit kasus terkena kanker prostat daripada yang tidak berolahraga.
  4. Jaga berat badan sehat anda. Jika anda memiliki berat badan yang ideal saat ini, jaga agar berat badan anda tetap sehat dengan berolahraga. Jika anda memiliki berat badan yang lebih, kurangi kalori dalam makanan anda sehari-hari dan berolahragalah lebih banyak.
  5. Bicaralah pada dokter anda jika anda pikir bahwa anda memiliki peningkatan risiko kanker prostat. Penelitian menemukan bahwa obat finasteride (Propecia, Proscar) dapat mencegah atau menunda terbentuknya kanker prostat pada laki-laki usia 55 ke atas. Obat ini biasanya digunakan untuk mengontrol pembesaran kelenjar prostat dan kerontokan rambut pada laki-laki.

Kanker prostat merupakan penyebab kematian akibat kanker no 3 pada pria dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada pria diatas 74 tahun. Penyebabnya tidak diketahui, meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara diet tinggi lemak dan peningkatan kadar hormon testosteron.

Penyakit Kanker paru
Serangan kanker paru-paru juga umumnya tidak diawali dengan gejala tertentu, namun anda perlu mewaspadai bilamana menderita batuk yang tidak kunjung sembuh bahkan disertai dengan keluarnya darah. Nyeri yang dirasa pada dada namun bukan disebabkan oleh gerakan atau benturan pada tubuh juga diwaspadai dan dilakukan pemeriksaan dokter.

Pencegahan adalah cara paling murah untuk mengurangi perkembangan kanker paru. Menghilangkan kebiasaan merokok adalah tujuan utama langkah pencegahan kanker paru, dan berhenti merokok merupakan salah satu pencegahan yang penting dalam proses ini. Penggunaan jangka panjang suplemen vitamin A, vitamin C, vitamin D, atau vitamin E tidak mengurangi risiko kanker paru. 

Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa orang yang mengonsumsi makanan dengan proporsi sayur dan buah lebih tinggi cenderung memiliki risiko yang lebih rendah, namun hal ini kemungkinan karena adanya kerancuan. Penelitian yang lebih cermat belum menunjukkan hubungan yang jelas.

Penyakit Kanker kolorektal
Bilamana anda menemukan darah pada tinja walaupun hanya sekali, jangan pernah menganggap remeh. Karena hal ini dapat menjadi pertanda adanya polip prakanker. Dokter biasanya akan melakukan kolonoskopi untuk memastikan kanker ini, karena pada banyak kasus kanker kolorektal tidak menunjukkan gejala apapun.

Kacang-kacangan merupakan makanan yang banyak mengandung folat, vitamin B yang mampu melindungi kerusakan sel DNA. Nah folat ini bisa mencegah terjadinya kanker kolorektal. Tidak percaya?

Sebuah studi yang pernah dilakukan di Universitas Harvard menemukan bahwa 52% dari sekitar 898.000 wanita terhindar dari kanker kolorektal karena mengonsumsi sekitar 400 mcg folat setiap harinya. Nah, untuk mencukupi kebutuhan folat tersebu, Anda bisa memperbanyak menyantap kacang-kacangan. Selain itu, susu, buah dan sayuran tinggi serat dan juga kunyit memiliki peran penting untuk menghindari terjangkitnya dari penyakit ini.

Penyakit Kanker kandung kemih
Pada banyak kasus yang terjadi, kanker kandung kemih hanya mengenai bagian dinding, sehingga bilamana dideteksi pada saat stadium dini akan dapat disembuhkan. Anda perlu mewaspadai bilamana menemukan darah pada urin. Walupun mungkin bukan indikasi kanker kandung kemih, bisa menjadi petunjuk adanya gejala batu ginjal.

Penyakit Kanker limfoma
Kanker limfoma memiliki gejala awal yang perlu diwaspadai yaitu pembengkakan kelenjar di leher, ketiak atau selangkangan. Apabila terjadi penurunan berat badan lebih dari 1-2 bulan disertai rasa gatal tanpa ruam maka segeralah melakukan pemeriksaan kesehatan.

Penyakit Kanker Testis
Kanker testis umumnya juga tidak diawali dengan gejala pada tubuh, akan tetapi kanker ini akan mudah dideteksi dengan melakukan pemeriksaan rutin pada testis. Bilamana ditemukan benjolan sebesar biji kacang yang terasa sakit ataupun tidak pada saat ditekan, maka anda perlu segera melakukan konsultasi dokter. Benjolan kanker pada testis ini umunya mudah disembuhkan apabila di deteksi secara dini.

Kanker yang Sering Menyerang Pria

Demikianlah sedikit informasi mengenai Kanker yang Sering Menyerang Pria untuk dapat kita pahami dan kita cegah. Mudah-mudahan sedikit informasi tersebut bisa menambah wawasan dan kesadaran mengenai pentingnya hidup sehat. Itu saja, semoga bermanfaat.

About Pendidikan Kesehatan

Hi..! Berita Andalan adalah situs berita pendidikan dan kesehatan sek. Disini anda bisa mendapatkan informasi seputar pendidikan, kesehatan, seksualitas dan berbagai informasi pendidikan lainnya, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post