» » Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid - Memang sudah menjadi sebuah rutinitas, namun terkadang nyeri haid tak tertahankan dan kita memerlukan kiat atau tips untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Ya, memang tidak semua merasakan nyeri namun ada banyak juga yang harus berjibaku mengatasi rasa nyeri saat hendak datang masa haid. Pada kesempatan ini kita akan membahas sedikit tips untuk mengatasi hal itu. 

Meski ini merupakan masalah yang cukup normal namun pada kebanyakan kasus rasa nyeri tersebut sangat mengganggu. Ini terlihat dari banyaknya orang yang mencari referensi atau informasi tentang beberapa hal yang berkaitan dengan menstruasi tersebut, misalnya:
  1. Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan
  2. Cara mengatasi nyeri haid dengan cepat
  3. Cara mengatasi nyeri haid secara alami
  4. Cara mengatasi nyeri haid tanpa obat
  5. Cara mengatasi nyeri haid hari pertama
  6. Tips tradisional mengatasi nyeri haid
  7. Ramuan herbal mengatasi nyeri haid
  8. Mengatasi nyeri saat haid

Sebenarnya, kita dapat mengatasi nyeri haid dengan dengan memakan beberapa makanan. Seperti dilansir Wolipop, berikut ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa nyeri saat kita mengalami datang bulan, haid atau menstruasi. 
  1. Berikan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, mengandung banyak serat dan juga rendah lemak. Makanan seperti ini dapat diperoleh pada biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. Kacang dengan kandungan vitamin B6, bermanfaat membantu sistem pencernaan, selain itu juga dapat membantu membuat stabil kondisi emosi. Biji-bijian yang kaya karbohidrat kompleks mampu mengatasi nyeri haid dengan meningkatkan serotin, yaitu zat kimia yang menimbulkan rasa senang dan relaksasi. 
  2. Makanan yang mengandung Magnesium seperti bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian perlu tetap di konsumsi, karena makanan ini dapat mencegah terjadinya perdarahan yang berlebihan. 
  3. Makanan yang mengandung Kalsium seperti brokoli, bayam, produk kedelai, dan minum minimal empat gelas susu skim rendah lemak. Makanan yang mengandung banyak kalsium akan membantu mengurangi kejang otot yang menyebabkan nyeri. 
  4. Untuk mengatasi nyeri haid makanlah makanan yang mengandung Protein diantaranya ayam, ikan, telur, almond dan kacang tanah. Protein sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh anda tetap memiliki energi untuk beraktivitas selama masa menstruasi. 
  5. Minumlah banyak air putih karena menstruasi akan mengakibatkan wanita kehilangan banyak cairan tubuh. Meminum banyak air adalah salah satu solusi untuk mencegah terjadinya dehidrasi 
Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid

Selain beberapa makanan yang dapat meringankan rasa nyeri yang di rasakan saat haid ada juga beberapa makanan yang sebaiknya kita hindari. Beberapa makanan yang juga harus dihindari selama masa menstruasi yaitu:
  1. Makanan dengan kandungan gula perlu dihindari, karena dapat meningkatkan perasaan mudah marah karena dapat memicu perubahan level pada hormone estrogen dan progesteron. 
  2. Makanan yang mengandung banyak garam harus dihindari, karena kandungan garam yang berlebihan dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Kurangi makanan cepat konsumsi nugget, sosis dan juga makanan cepat saji. 
  3. Hindari makanan dengan kandungan lemak jenuh, seperti daging berwarna merah karena akan meningkatkan kadar estrogen yang memicu gejala PMS. Makanan kesukaan seperti steak sebaiknya dihindari selama masa haid. 

Demikianlah sedikit tips untuk Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid yang bisa kita lakukan. Jangan lupa baca juga beberapa informasi menarik lain yang sudah disiapkan di bagian akhir tulisan ini. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Silahkan lanjut ke informasi tentang makanan saat haid, mengatasi nyeri haid, menghilangkan sakit haid, nyeri haid, nyeri menstruasi, sakit menstruasi, dan informasi tentang sakit saat haid.

About Pendidikan Kesehatan

Hi..! Berita Andalan adalah situs berita pendidikan dan kesehatan sek. Disini anda bisa mendapatkan informasi seputar pendidikan, kesehatan, seksualitas dan berbagai informasi pendidikan lainnya, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post