» » Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru

Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru - Setelah sebelumnya telah dibahas mengenai makalah perkembangan karir bidan sekarang giliran Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru. Makalah seperti ini disusun oleh mahasiswa jurusan keguruan dimana mereka harus mengetahui banyak hal terkait fungsinya sebagai guru yang salah satunya yaitu jenjang pengembangan karir ini. Untuk lebih jelasnya mari kita ikuti paparan Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru berikut.

Sekilas Tentang Perkembangan Karir Guru

Tugas utama guru sebagai pendidik professional adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan normal. Tugas utama itu akan efektif jika guru memiliki derajat profesionalitas tertentu yang tercermin dari kompetensi, kemahiran, kecakapan, atau keterampilan yang memenuhi standar mutu dan norma etik tertentu.

Di dalam UU Nomor 74 tahun 2008 tentang guru dibedakan dan pengembangan kompetensi guru yang belum dan yang sudah berkuakifikasi S-1 atau D-IV. Pengembangan dan peningkatan kualifikasi akademik bagi guru yang belum memenuhi kualifikasi S-1 dilakukan melalui pendidikan tinggi program S-1 pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan tenaga kependidikan dan/atau program pendidikan non kependidikan.

Pembinaan dan pengembangan karir meliputi:
Penugasan
Promosi
Kenaikan Pangkat
Penugasan terdiri dari 3 yaitu
  • Penugasan sebagai guru kelas/mata pelajaran
  • Penugasan sebagai guru bimbingan dan konseling.
  • Guru dengan tugas tambahan.

Promosi dimaksud dapat berupa penugasan sebagai guru Pembina, guru inti, instruktur, wakil kepala sekolah, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan sebagainya. Kegiatan promosi ini harus didasari atas pertimbangan prestasi dan dedikasi tertentu yang dimiliki oleh guru.

Unsur utama kegiatan yang dapat dinilai sebagai angka kredit dalam kenaikan pangkat guru terdiri atas:
  1. Pendidikan
  2. Pengembangan profesi, dan
  3. Unsur penunjang

Pemerintah daerah perlu meningkatkan potensi, kualitas para guru sebagai komponen utama dalam bidang pendidikan. Dengan meningkatnya kompetensi guru maka diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Guru perlu meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Pemerintah harus mampu mengatasi masalah kekurangan guru di kota atau di desa, tidak meratanya penyebaran guru, kurangnya sarana pendukung aktivitas guru di kelas, serta rendahnya penghargaan dan gaji guru.

Untuk memperoleh keberhasilan pendidikan, keberadaan profesi guru sangat penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan, dalam hal ini Pemerintah dan guru harus meningkatkan kinerja guru sebab kinerja guru merupakan kemampuan yang ditunjukan oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya.

Unduh Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru

Inidia yang kita tunggu-tunggu, unduh contoh makalah yang kita butuhkan tentunya tentang perkembangan karir bidan. Yang membutuhkan silahkan unduh atau download contoh yang dibutuhkan melalui tautan yang telah disediakan.

Unduh Contoh Makalah 

Perkembangan Karir Guru



Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru


Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru
Download Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru


Selesai sudah pembahan ini yang mengupas lebih dalam mengenai Contoh Makalah Perkembangan Karir Guru. Semoga dapat bermanfaat bagi rekan mahasiswa semua khususnya yang mengambil jurusan pendidikan.

About Pendidikan Kesehatan

Hi..! Berita Andalan adalah situs berita pendidikan dan kesehatan sek. Disini anda bisa mendapatkan informasi seputar pendidikan, kesehatan, seksualitas dan berbagai informasi pendidikan lainnya, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post