» » » Tari Cakale dari Daerah Maluku

Tari Cakale MalukuKali ini kita akan membahas tentang tari daerah yaitu tari daerah maluku. Maluku Utara adalah salah satu provinsi di bagian timur Indonesia yang banyak menyimpan keindahan alam yang memukau serta seni dan budaya yang menarik sebagai contohnya Tari Cakale Maluku

Salah satu seni dan budaya menarik yang dapat anda saksikan ketika berkunjung kesana adalah seni tari. Berikut ini adalah beberapa tari daerah maluku yang terkenal seperti yang salah satunya Tari Cakale Maluku ini.

Tari Cakalele 
Sinopsis
Cakalele merupakan tarian tradisional Maluku yang dimainkan oleh sekitar 30 laki-laki dan perempuan. Para penari cakalele pria biasanya menggunakan parang dan salawaku sedangkan penari wanita menggunakan lenso (sapu tangan). Cakelele merupakan tarian tradisional khas Maluku.

Para penari laki-laki mengenakan pakaian perang yang didominasi oleh warna merah dan kuning tua. Di kedua tangan penari menggenggam senjata pedang (parang) di sisi kanan dan tameng (salawaku) di sisi kiri, mengenakan topi terbuat dari alumunium yang diselipkan bulu ayam berwarna putih.

Makalah Tari Cakale dari Daerah Maluku

Sementara, penari perempuan mengenakan pakaian warna putih sembari menggenggam sapu tangan (lenso) di kedua tangannya. Para penari Cakalele yang..
Unsur tari:
Ragam gerak
Pola lantai
Kostum
Iringan Musik
Tata Panggung
Pesan moral

About Pendidikan Kesehatan

Hi..! Berita Andalan adalah situs berita pendidikan dan kesehatan sek. Disini anda bisa mendapatkan informasi seputar pendidikan, kesehatan, seksualitas dan berbagai informasi pendidikan lainnya, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post