» » Keanekaragaman Flora Dan Fauna Pulau Kalimantan

Flora Dan Fauna KalimantanKalimantan adalah salah satu pulau terluas di dunia yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Hal ini terbukti hingga kini ilmuwan masih sering menemukan ratusan spesies flora dan fauna baru setiap bulannya. Dari mulai yang biasa-biasa saja hingga yang unik semuanya ada. Kekayaan dari kalimantan ini terbukti dari penemuan beberapa flora fauna baru yang dilakukan oleh ilmuan baru-baru ini. 

Tanpa pernah belajar atau mencari tahu tentang jenis-jenis flora dan jenis-jenis fauna yang ada di pulau kalimantan kita tidak akan pernah tahu akan kekayaan yang sangat mengagumkan dari pulau tersebut. Keragaman flora dan fauna ini merupakan bukti nyata kekayaan alam yang ada di Indonesia, untuk itulah wajib bagi kita untuk menjaga dan melestarikannya.

Berikut akan langsung kita lihat berbagai hewan dan tumbuhan unik yang sudah sepatutnya kita banggakan, pembahasannya tidak dibuat terpisah tetapi langsung dicampur dalam satu uraian. Sudah tidak sabar ingin melihat betapa menariknya mereka?

Apa saja flora fauna yang baru ditemukan tersebut? Berikut penjelasan lengkap mengenai berbagai Flora Dan Fauna Kalimantan yang sangat beragam dan memiliki ciri dan keunikan tersendiri. 

1. Barbourula Kalimantanensis


Diakui oleh para ilmuwan sebagai kodok tidak berparu-paru pertama di dunia. Hewan yang langka ini bernapas seluruhnya melalui kulit. Tanpa paru-paru memungkinkan hewan ini untuk memiliki bentuk yang lebih aerodinamik untuk membantunya bermanuver di sungai-sungai Kalimantan yang deras.

2. Dendrelaphis Kopsteini


Disebut juga Kopstein’s bronzeback adalah ular yang bisa tumbuh hingga 1,5 meter. Hewan ini memiliki warna terang dengan campuran biru, hijau dan coklat. Walaupun tampak menarik, namun ular ini memiliki gigitan yang menyakitkan.

3. Dendrobium Lohokii


Flora Dan Fauna Kalimantan lebih lengkap lagi dengan adanya tanaman yang satu ini. Anggrek cantik ini dapat tumbuh setinggi 1 meter dan memiliki lebar bunga 2 - 3 cm.

4. Eirmotus Insignis


Ikan sepanjang 1,5 inchi ini memiliki gerakan yang lambat dan lembut, merupakan salah satu jenis ikan dari 17 ikan baru yang ditemukan di kalimantan.

5. Eulichas villosa


Salah satu kumbang unik dari daratan Kalimantan, belum banyak diketahui tentang kumbang ini.

6. Ibycus Rachelae


Siput ini adalah yang paling unik dari seluruh penemuan terbaru. Selain warnanya yang hijau kekuning-kuningan, siput ini juga memiliki ekor yang panjang. Saat masa perkawinannya hewan ini menembakkan sejenis “panah cinta” kepada pasangannya.

7. Macrobrachium Kelianense


Udang Flora Dan Fauna Kalimantan spesies baru ini memiliki panjang 1 cm.

8. Rhacophorus Penanorum


Kodok ini bisa melompat dari satu dahan ke dahan lainnya. Bukan itu saja keunikannya, kodok ini pada pagi hari berubah warna menjadi coklat.

9. Thrixspermum Erythrolomum


Adalah salah satu dari 37 anggrek unik baru yang ditemukan di Kalimantan.

10. Spectacled Flowerpecker


Burung abu-abu ini untuk sementara belum diberi nama ilmiah karena masih dalam tahap penelitian.

Makalah Keanekaragaman Flora Dan Fauna Pulau Kalimantan

Sekarang percaya kan kalau pulau kalimantan merupakan pulau yang kaya flora dan fauna? Pastinya dong. Buat rekan yang ingin melihat kekayaan flora dan fauna dari daerah lain selain Flora Dan Fauna Kalimantan tersebut, sudah dibahas juga flora fauna jawa, flora fauna sumatra dan pulau lain di Indonesia. Silahkan simak aja langsung di Flora dan Fauna Identitas Daerah.

About Pendidikan Kesehatan

Hi..! Berita Andalan adalah situs berita pendidikan dan kesehatan sek. Disini anda bisa mendapatkan informasi seputar pendidikan, kesehatan, seksualitas dan berbagai informasi pendidikan lainnya, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post